Press "Enter" to skip to content

Doa Harian Dalam Gereja Katolik

Berikut beberapa doa dasar katolik yang dilansir tribunpekanbaru.com dari berbagai sumber (pendalamanimankatolik.com & imankatolik.com). Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan,

Bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.

Wajib Tahu! 7 Doa Dasar Umat Katolik

Cara yang paling tepat mendekatkan diri dengan tuhan adalah berdoa. Untuk itu, inilah 7 doa dasar yang wajib diketahui.

Allah, Bapa di surga, kasih setia-Mu kekal abadi.

Tanamkanlah dalam hatiku pengharapan yang teguh akan kasih dan kebaikan-Mu; pengharapan yang menjiwai seluruh hidup Putra-Mu Yesus Kristus. Semoga aku selalu menyandarkan diri kepada-Mu dalam suka dan duka.

Bapa, semoga pengharapan yang kuat selalu menjiwai seluruh hidupku. Dalam pengharapan itu aku akan membangun hidup dan masa depanku. Allah yang esa, Engkau telah menciptakan semesta alam, Aku percaya bahwa Engkau adalah Bapa yang pengasih dan penyayang; yang telah menjadi manusia, wafat dan bangkit untuk keselamatanku. Engkau telah mengutus pula Roh Kudus pemberi hidup.

Dia telah dicurahkan ke atasku dan berdiam di dalam diriku, Allah yang maharahim, Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa.

dan kepada kami yang bertobat Engkau melimpahkan pengampunan. Terima kasih, ya Allah, atas pengampunan yang Kau berikan kepada kami.

mendorong kami selalu hidup rukun dan damai dengan seluruh umat-Mu.

Bacaan Doa-doa Dasar Katolik, Mulai dari Tanda Salib hingga Doa Tobat

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM — Secara khusus ada beberapa doa-doa dasar Katolik yang memang harus dan wajib dihafalkan seluruh umat Katolik. Doa tersebut kerap dipanjatkan ketika umat Katolik mengikuti misa, ibadat, maupun persekutuan-persekutuan kecil. Doa-doa dasat tersebut bisa dilakukan secara pribadi maupun bersama. Baca Juga: Keuskupan Agung Semarang Minta Umat Katolik Patuhi Protokol Kesehatan

Berikut bacaan doa-doa dasar umat Katolik yang perlu dihafalkan: tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Baca Juga: Lirik dan Chord Lagu Rohani Berjudul ‘Waktu Tuhan’ Engkau telah mengutus Yesus, Putra-Mu yang tunggal, yang telah menjadi manusia, wafat dan bangkit untuk keselamatanku.

Engkau telah mengutus Roh Kudus pemberi hidup.

Dia telah dicurahkan ke atasku dan berdiam di dalam diriku, sehingga aku menjadi bait Allah. Dialah penolong sejati, yang membimbing aku kepada seluruh kebenaran. Ya Bapa, berilah aku iman yang hidup, dan jadikanlah aku berani menjadi saksi-Mu di hadapan sesama manusia sepanjang hayatku.

Itulah bacaan doa-doa dasar Katolik bisa dilakukan secara pribadi maupun bersama.

7 Doa Dasar Katolik: Bapa Kami, Salam Maria hingga Doa Tobat

BERITA DIY – Berikut adalah doa dasar bagi orang Katolik. Doa-doa dasar ini merupakan conoh doa bagi orang beriman Katolik. Doa-doa dasar ini diamil dari Kitab Suci dan tradisi Gereja. Baca Juga: Lirik Lagu Rohani Doa Yabes dari Angel Pieters

Kumpulan Doa Sehari-hari Agama Katolik, Doa Pagi, Doa Pasrah, Serta Persembahan Harian

Dalam kehidupan sehari-hari, umat Katolik dianjurkan berdoa baik saat mengawali kegiatan maupun sebelum istirahat. Terima kasih Bapa, karena telah membawa kami dengan aman melalui kegelapan malam dan masuk ke dalam terang pagi ini.

Doa-Doa Harian

Aku percaya akan Allah, Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi; Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita, Yang dikandung dari Roh Kudus, Dilahirkan oleh Perawan Maria;Yang menderita sengsara Dalam pemerintahan Pontius Pilatus, Disalibkan, wafat, dan dimakamkan,Yang turun ke tempat penantian Pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati; Yang naik ke Surga, Duduk di sebelah kanan Allah Bapa Yang Mahakuasa; Dari situ Ia akan datang Mengadili orang hidup dan mati

Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad.

Aku menyerahkan kepada-Mu jiwa dan badanku serta segala milikku. Aku mempersembahkan kepada-Mu semua saja yang akan kulakukan hari ini demi kemuliaan nama-Mu, keselamatan manusia dan kejayaan Gereja-Mu. Bapa yang penuh kasih sayang kepadaku, aku berniat sungguh-sungguh untuk hidup sebagai seorang Kristen yang sejati pada hari ini dan tidak mau menghinakan Dikau.

Malaekat Allah, engkau yang diserahi oleh kemurahan Tuhan untuk melindungi aku. Tuhanku Allah, aku percaya, bahwa Engkau satu Allah tiga diri; Bapa, Putera, dan Roh Kudus; Bahwa Allah Putera menjadi manusia untuk kami dan wafat di salib; Bahwa Engkau membalas yang baik dan menghukum yang jahat; Aku percaya akan semuanya yang telah Kau wahyukan dan Kau ajarkan dengan perantaraan Gereja Kudus.

Aku percaya dengan teguh akan semuanya itu, sebab Engkaulah yang mahabenar dan mahatahu. Tuhan sumber segala harapan, Engkau telah menjanjikan kebabagiaan kekal bagi semua orang. Melalui Putera-Mu Yesus Kristus, Engkau telah merelakan aku menerima dari pada-Mu rahmat dan harapan yang sejati. Tuhan asal segala cinta, aku mencintai Engkau lebih dari segala sesuatu dan dengan segenap hatiku sebab Engkaulah yang mahabaik dan pantas dicintai.

Aku benci akan segala dosaku dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Ya Tuhan, kasihanilah aku orang berdosa ini. P. Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Tuhan.

Ya Tuhan, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus PutraMu menjadi manusia.

U. Sebab Dia yang boleh kau kandungkan Alleluya. Ya Allah, Engaku telah berkenan menggembirakan dunia dengan kebangkitan Tuhan kami Yesus Kristus. Datanglah, ya Roh Kudus, penuhilah hati umatmu dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu Utuslah Roh-Mu maka semuanya akan dijadikan lagi, Dan Engkau akan membaharui muka bumi. Ya Allah, Engkau telah mengajar hati umat-Mu dengan penerangan Roh Kudus.

supaya berkat Roh Kudus itu kami senantiasa berpikir benar dan bijaksana, serta selalu merasa gembira karena penghibur-Nya. Berpuasalah dan berpantanglah pada hari yang ditentukan. Lima perintah Gereja bertujuan menjamin bagi umat beriman minimum semangat doa, hidup sakramental, usaha moral serta pertumbuhan dalam kasih kepada Allah dan sesama.

Doa Harian Umat Katolik

Jika pelajaran ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan atau lebih secara terpisah, maka pelaksanaannya diatur oleh guru Peserta didik kelas 1 SD belum memahami arti doa secara mendalam. Mereka memahami doa terbatas pada mengucapkan kata-kata yang telah dihafalkan dan dilakukan dengan sikap tubuh yang sopan misalnya: berlutut, tangan di depan dada, mata tertutup dan kepala tertunduk, sedangkan sikap batin dalam berdoa belum sepenuhnya dipahami.

Doa merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan Tuhan.

Melatih anak untuk terbiasa berdoa, berarti mengajak mereka untuk mengadakan komunikasi dengan Tuhan, mengarahkan hati, pikiran dan perasaan hanya kepada Tuhan. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membersihkan jiwa dan memberikan kekuatan serta semakin mendekatkan hati kita kepada Tuhan. Bagi orang beriman berdoa adalah salah satu kewajiban untuk menghormati Tuhan Pencipta dan Pemberi Hidup. Berdoa dapat dilakukan sendiri atau bersama pada setiap saat.

Yesus tidak mengharapkan doa kita menjadi suatu kewajiban yang rutin belaka, tetapi sungguh suatu percakapan yang intim dan mesra dengan Tuhan layaknya seperti seorang anak kepada bapaknya. Dengan berdoa kita mengarahkan hati kepada Tuhan yang berarti menyatakan iman terhadap-Nya. Doa yang didalami melalui pelajaran ini adalah doa harian umat Katolik yakni Tanda Salib, Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan. Doa harian ini merupakan salah satu bentuk komunikasi anak dengan Tuhan.

ke-ma-napun ka-ki melang-kah Engkau se- la- lu a- da Bi- la ge- lap da- tang Engkau men-ja- di si- nar Bi- la ha-dir te- rang Engkau- lah ke- ha- ngat-an

Ba- pa di sur-ga Kaulah sumber se- ga- la cin – ta

Ka- sih- Mu hi – dup da-lam ha- ti ma- nu – si – a Nyanyian Madah Syukur Guru mengajak peserta didik untuk mendalami pengalaman yang berhubungan dengan kegiatan berdoa

Guru memberikan peneguhan berdasarkan jawaban peserta didik dan mengembangkannya. Dalam Gereja, banyak alat bantu untuk berdoa seperti salib, lilin, bunga, rosario, dan patung.

Guru mengajak peserta didik untuk bermain peran (dramatisasi) tentangYesus berdoa di Taman Getsemani berdasarkan Injil Lukas 22: 39-46. Guru menjadi pembaca cerita dan peserta didik bermain peran. Petrus : “Baik Guru,” (Yesus dan kedua belas muridnya keluar) Yesus : “Duduklah di sini sementara aku berdoa.” (mengajak Petrus, Yohanes dan Yakobus) “Petrus, yohanes dan Yakobus, mari ikut Aku.”

Yesus : “Hatiku sangat sedih seperti mau mati rasanya. Mengapa engkau tidak berjaga selama satu jam bersama Aku?” Petrus : “Ya Guru,” (sambil menggeliat dan menggosok-gosok mata) langkah dan berdoa lagi) “Ya Bapa, ambillah derita-Ku ini, tetapi jangan yang apa Aku mau, melainkan apa yang Engkau mau jadilah.” “Lihat! Setelah peserta didik mendramatisasikan Yesus berdoa di Taman Getsemani, maka guru mengajak mereka untuk mendalami isi atau pesan dari kisah di atas dengan pertanyaan-pertanyaan berikut. Guru memberikan peneguhan berdasarkan jawaban peserta didik dan mengembangkannya

Ketika mengalami peristiwa sedih, Yesus berdoa kepada Bapa di surga dan mengajak murid-murid-Nya yaitu Petrus, Yakobus dan Yohanes untuk berdoa. Kebiasaan Yesus berdoa inilah yang membuat Dia selalu gembira dan bersemangat berbuat baik kepada orang- orang yang miskin dan menderita.

Menggali pengalaman doa Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus

Ketika melihat bunga yang indah, burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, ia berdoa: “Betapa indahnya ciptaan-Mu ya Tuhan.” Ketika mendengar bunyi guntur, ia berdoa:”Tuhan jangan marah sama Theresia.

Lindungilah aku.” Ketika melihat pelangi yang beraneka warna di langit, ia berdoa: “Oh, Tuhan, bagus sekali kalung dilehermu.” Dan kalau hendak Kau tinggalkan di pojok kamar lantaran bosan, boleh saja.

Guru mengajak peserta didik mendalami doa Santa Theresia dengan pertanyaan berikut. Apa yang kamu ucapkan kepada Yesus ketika berdoa? Sikap apa yang dapat diteladani dari Santa Theresia? Guru memberikan peneguhan berdasarkan kisah Santa Theresia dan jawaban dari peserta didik serta mengembangkannya Apa saja yang dialami baik suka maupun duka diungkapkan kepada Tuhan. Dia mempunyai sikap rendah hati, tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, sederhana, dan penuh cinta kasih.

Hendaknya kita meneladani Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus yang rajin berdoa dan selalu dekat dengan Tuhan dalam hidup sehari-hari. • Dalam berdoa kita berterima kasih, memohon, dan memuliakan Tuhan.

Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolik

Setiap umat beragama, pasti memiliki rangkaian doa untuk menyambut pagi. Hal ini untuk memberikan kekuatan, semangat dan harapan menyongsong aktivitas di hari tersebut, bagi yang meyakininya. Hal ini ditekankan melalui doa pagi yang fokusnya untuk mengucap syukur kepada Tuhan. “Terima kasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini.

Hal ini terbukti dari masa pandemi COVID-19 yang tahu-tahu melanda dunia. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Oleh sebab itu, umat Katolik dilatih untuk terus-menerus mengandalkan-Nya agar diselamatkan dari segala cobaan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.