Press "Enter" to skip to content

Contoh Doa Tobat Umat Katolik

Pertobatan umat Katolik jelang Natal ini bisa dilakukan sesuai jadwal pengakuan dosa di masing-masing paroki. Selain itu, pertobatan juga bisa dilakukan dengan mengucapkan doa tobat.

Doa Tobat Katolik untuk Minta Pengampunan Dosa Lengkap

Berikut adalah doa tobat Katolik yang kerap dipanjatkan dalam berbagai peribadatan. Salah satu cara memperbaiki dan menyucikan diri kembali adalah dengan bertobat. Umat Katolik juga memiliki doa yang secara khusus dipanjatkan saat memulai pertobatan.

Doa ini dipanjatkan untuk meminta pengampunan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu, doa ini juga biasa dipanjatkan dalam beberapa ritus peribadatan. Apakah Sahabat 99 sudah mengetahui doa seperti apa yang harus dipanjatkan ketika bertobat?

Ya Allahku, Engkaulah yang harus kukasihi lebih dari segala sesuatu. Ya Allah, kasihanilah aku, dalam nama Yesus Kristus, Juruselamatku yang telah menderita sengsara dan wafat bagiku. Deus meus, ex toto corde paenitet me omnium meorum peccatorum, eaque detestor, quia peccando.

Sed praesertim quia offendi Te, summum bonum, ac dignum qui super omnia diligaris. Ideo firmiter propono, adiuvante gratia Tua, de cetero me non peccaturum peccandique occasiones proximas fugiturum. Berikut adalah tata cara sakramen tobat atau pengakuan dosa yang dilakukan umat Katolik:

Namun, jika pertama kali mengaku dosa, kamu bisa mengucapkan kalimat berikut: “Maka dari itu, pada saat ini saya mau mengaku kepada Allah Bapa Yang Maha Kuasa dan kepada semua umat Allah yang kudus, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian, khususnya bahwa saya telah berdosa… (sebutkanlah dosa kamu secara jujur)

Dalam kesempatan ini, pastor juga akan memberikan penitensi atau hukuman untuk umat yang mengaku dosa.

Penitensi biasanya berupa doa-doa yang harus dilafalkan setelah keluar dari bilik pengakuan dosa.

Teks Doa Tobat Pengakuan Dosa dalam Sakramen Tobat Katolik

Selain dipanjatkan dalam Sakramen Tobat, doa tobat juga lazim didaraskan khususnya sebelum umat Katolik tidur pada malam hari.

Doa Tobat Katolik Meminta Pengampunan Dosa Dalam Berbagai Versi

Doa Tobat Katolik biasa dipanjatkan dalam berbagai peribadatan sebagai wujud penyesalan atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Umat Katolik menyampaikan pertobatan ini melalui doa dan berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut. Berikut ini doa memohon pengampunan dosa dalam berbagai versi Ya Allahku, Engkaulah yang harus kukasihi lebih dari segala sesuatu. Ya Allah, kasihanilah aku, dalam nama Yesus Kristus, Juruselamatku yang telah menderita sengsara dan wafat bagiku. Deus meus, ex toto corde pænitet me omnium meorum peccatorum,eaque detestor, quia peccando,non solum pœnas a te iuste statutas promeritus sum,sed præsertim quia offendi te,summum bonum, ac dignum qui super omnia diligaris.Ideo firmiter propono,adiuvante gratia tua,de cetero me non peccaturum peccandique occasiones proximas fugiturum.Amen.

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rumusan khusus doa-doa tobat digunakan dalam Gereja Katolik, Anglikan, Lutheran, Metodis, dan Reformed. [3] Terdapat anggapan umum bahwa seseorang yang mendapati dirinya berada di ambang kematian mungkin memanfaatkan suatu Doa Tobat. Ketika seorang wanita yang baru saja menjadi janda meratapi kematian suaminya yang bunuh diri dengan melompat dari atas jembatan, sang pastor dari Ars mengatakan, “Jangan lupa Nyonya, terdapat sedikit jarak antara jembatan tersebut dan air.”

Dengan perkataan ini ia bermaksud menyampaikan bahwa suami sang janda memiliki waktu untuk mendaraskan suatu Doa Tobat.

Ajaran Katolik menyatakan bahwa “penyesalan tidak sempurna” (imperfect contrition) adalah juga suatu anugerah dari Allah. Meski penyesalan sedemikian timbul karena ketakutan akan hukuman kekal atau siksaan lainnya, dan penyesalan itu saja belum cukup untuk mendapat pengampunan atas dosa berat, tetapi cukup untuk menggugah hati demi mendaraskan suatu Doa Tobat yang sah dan menerima pengampunan dalam Sakramen Tobat.

[5] Terdapat beragam versi Doa Tobat, tetapi secara umum semuanya meliputi ungkapan kesedihan, pengakuan atas kesalahan yang dilakukan, serta janji untuk mengubah hidup dan menghindari dosa. Katekismus Gereja Katolik mencatat bahwa: “Di antara tindakan-tindakan peniten, penyesalan menempati tempat pertama.

Ya Allah, kasihanilah aku, dalam nama Yesus Kristus, Juruselamatku, yang telah menderita sengsara dan wafat bagiku. Ideo firmiter propono, adiuvante gratia Tua, de cetero me non peccaturum peccandique occasiones proximas fugiturum.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.